Waspada!! Seorang Warga Desa Langenharjo Pati,Hasil Rapid Test Reaktif Covid 19

PATI(JATENG)Berdasarkan hasil Rapid Test, seorang warga Desa Langenharjo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, dinyatakan reaktif Covid-19 .

Jika seseorang menunjukkan hasil reaktif Covid-19, ini berarti antibodi untuk melawan virus dalam tubuhnya sudah terbentuk. Artinya orang tersebut pernah terpapar virus.

Saat Awak Media datang ke kantor Desa Langenharjo, Rabu (01/07/2020) pukul 11.30 WIB, konfirmasi terkait hal tersebut ,Salah seorang Aparatur Desa Langenharjo mengungkapkan bahwa memang benar berdasarkan hasil Rapid Test, ada satu orang warga berinisial SA yang reaktif Covid-19 .

"Berdasarkan hasil Rapid Test, ada satu orang warga reaktif Covid-19 dan saat ini telah menjalani isolasi. " ungkapnya. 

Hal senada juga diungkapkan salah seorang tetangga korban yaitu ES ( 28 tahun) . Kepada Awak Media ,ES menyampaikan bahwa pada Selasa (30/06/2020) sekitar pukul 20.00 wib, mobil Ambulance datang menjemput korban untuk di isolasi. 

Terpisah, H. Rumdi selaku Kepala Desa Langenharjo melalui pesan singkat WhatsApp (WA) membenarkan hal tersebut. Terkait satu warganya yang terpapar Covid-19, Kades H. Rumdi menjawab "Baru Rapid Test ."

Namun demikian, untuk mengetahui apakah virus yang menginfeksi orang tersebut adalah virus Corona, maka memerlukan konfirmasi melalui Swab Test. Berbeda dengan Rapid Test, Swab Test ini bertujuan untuk mendeteksi keberadaan virus Corona dalam tubuh seseorang.

Seseorang dinyatakan terkonfirmasi positif Corona apabila hasil Swab Test-nya dinyatakan positif Covid-19.

Namun apabila hanya reaktif Covid-19 berdasarkan Rapid Test, orang tersebut belum tentu positif Corona. Karena bisa saja antibodi yang terbentuk dalam tubuh orang tersebut berguna untuk melawan virus lain selain Corona.

(Supri)

Komentar Via Facebook :